fbpx
Terungkap Fakta Sejarah Mengenai Jeans

Terungkap Fakta Sejarah Mengenai Jeans

Celana Jeans merupakan pakaian yang nyaman dan tahan lama membuat celana ini disukai oleh hamper seluruh orang. Mulai dari rakyat biasa sampai president pun pasti memiliki jeans untuk dipakai sehari-hari. Kata Jean menunjuk kepada sekelompok Pelaut dari genoa italia yang memakai pakaian indigo yang dicelup warna Indigo dye sedangkan denim berasal dari kata perancis yang  konon merupakan tempat bahan ini digunakan sebagai celana.

Pada abad 19 jeans pertama kali digunakan untuk buruh tani dan tambang di bagian barat Amerika Serikat. Awalnya penjahit asal Nevada Jacob Davies di minta untuk menjahit celana untuk para pemotong kayu, ia memperkuat bahan yang ia gunakan dengan paku keeling atau rivet , terbukti cara ini membuat celana jeans bertahan lama, permintaan celana ini pun meningkat.

Sebelum PD 2 Jeans hanya digunakan oleh penduduk bagian barat US , warga bagian timur ber-anggapan bahwa jeans hanya untuk koboy dan symbol kebebasan, jeans juga dianggap sebagai symbol pedesaan dan kelas buruh. Tahun 50’an jeans dianggap sebagai symbol perlawanan.

Untuk mengembangkan bisnis celananya davis menghubungi temannya yang merupakan pemasok kain  di Sanfransisco bernama Levis rose, levis lah yang mematenkan celana ini pada 20 Mei 1973. Celana yang dipatenkan levis terbagi pada 2 bahan yaitu cotton dack yang terlhat seperti canvas dan denim. Karena ketahanan nya denim memiliki pengguna fanatic

Image result for sejarah jeans

Sampai saat ini Jeans pun masih bertahan dan tak tergantikan sebagai salah satu celana yang wajib dimiliki setiap orang.

 

There are no reviews yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop